Airport Wiriadinata Tasikmalaya Indonesia

Airport Wiriadinata Tasikmalaya Indonesia – Bandara ini juga merupakan Pangkalan Udara Militer yang berada di jalan Letkol Basyir Surya Cibeureum Tasikmalaya. Bandara ini juga dijadikan sebagai pusat pendidikan penerbangan dari Dirgantara Pilot School Tasikmalaya. Selain itu, bandara ini juga memiliki panjang dari landasan pacu 2799 meter dengan lebar 45 meter.

Terletak di 6 km dari pusat kota Tasikmalaya dan harus untuk menuju bandara ini waktu yang harus ditempuh mencapai hingga 15 menit untuk bisa sampai ke bandara Wiriadinata. Sebagai pengelola bandara ini dipegang oleh bagian Kepegawaian Ditjen Perhubungan Udara. Wings Air ATR 72 merupakan maskapai pertama ynag beroperasi di bandara ini dengan tujuan Jakarta-Tasikmalaya PP.

  • Sejarah singkat dari bandara Wiriadinata Tasikmalaya
    Bandara ini merupakan peninggalan pada zaman Belanda dimana pada masa itu bandara ini dulunya dijadikan sebagai pangkalan militer Belanda. Peresmian dari Pangkalan Udara Cibeureum Tasikmalaya ini dilakasanakna ditahun 1946 dengan perayaan dan juga pameran penerbangan bagi masyarakat guna meningkatkan minat dari dirgantara terkait dengan penerbangan dengan rute yogyakarta – Tasikmalaya – Solo – Wirasaba – Madiun – Malang.

    Fasilitas yang tersedia di Bandara Wiriadinata ini juga cukup modern karena sudah dilengkapi dengan sistem navigasi teknologi terbaru yakni NDB: 3691 Khz (070 20’32,2″S ; 1080 14’53.2″E). Selain itu bandara ini juga memiliki dimensi landasan dengan panjang 1200 x 30m dan asphalt 39/F/D/Y/T. Tidak samapi disitu bandara ini juga dibekali dengan Apron Militer dan Apron DPS-T serta Taxyway.

    Sedangkan untuk fasilitas pendukung bagi penumpang Bandra ini juga tak kalah dengan bandara besar yang dimiliki Indonesia seperti VIP Room yang nyaman bagi penumpang untuk menunggu penerbangan. Bukan hanya itu saja, Bandara Wiriadinata juga memiliki layanan informasi penerbangan guna memudahkan penumpang. Akan tetapi untuk akses internet bandara ini masih belum tersedia. Pemerintah bahkan berencana untuk merenovasi bandara yang berada di kota Tasikmalaya ini lebih besar dengan pembangunan Terminal penerbangan yang baru guna untuk menampung lebih banyaka penumpang serta menambah rute penerbangan ke Jawa Barat.

Demikian informasi seputar Airport Internasional Melbourne Australia. Kunjungi terus website kami di  www.daftarwifiairport.web.id Karena masih banyak lagi informasi menarik dan tentunya juga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

Author: admin