Airport  Sultan Iskandar Muda Aceh Indonesia – Bandara yang terletak di Kecamatan Blang Bintang, Banda Aceh ini merupakan bandara terbesar di Provinsi Aceh. Diberi nama Sultan Iskandar Muda karena beliau merupakan Pahlawan Nasional Aceh pada saat penjajahan Belanda. PT Angkasa Pura II yang merupakan pengelola dari Bandara yang melayani berbagai rute penerbangan domestik dan juga internasional. Akan tetapi, untuk penerbangan Domestik hanya melayani dua rute penerbangan yaitu tujuan Kuala Lumpur dan Penang. Pada saat terjadi gempa dashyat yang disertai dengan Tsunami dan juga melumpuhkan hampir seluruh kota pada tahun 2004 silam.

Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda inilah yang dijadikan pusat pengiriman bahan pangan dan juga obat-obatan kepada pengungsi pasca gempa besar mengguncang kota serambi Mekkah ini. Usai dilanda Gempa yang disertai Tsunami, Bandara ini saat ini telah habis direnovasi dan mempunyai landasan pacu sepanjang 3000 meter dan mampu didarati oleh pesawat berbadan lebar. Selain itu Bandar ini juga merupakan bandara transit untuk berbagai penerbangan internasional serta bandara terbaik untuk Wisatawan Halal 2016.

  • Sejarah singkat dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Banda Aceh
    Bandara yang berpusat di Aceh Besar ini merupakan bandara yang dibangun oleh Jepang ditahun 1943. Yang dimana pada saat itu, bandara ini hanya memiliki landasan pacu sepanjang 1400 meter dan lebarnya hanya 30 meter. Sebelum diberi nama Bandara Sultan Iskandar Muda, bandara ini dulunya bernama Blang Bintang pada tahun 1953. Bandara ini kembali diperluas pada bagian landasan pacunya sehingga memiliki panjang 1850 meter ditahun 1968.

    Ditahun 1993 hingga 1994, Landasan pacu bandara ini kembali diperluas dengan panjang 2250 x 45 meter sehingga pesawat dengan tipe DC-9 dan Boeing 737 dapat mendarat di bandara ini. Lima Tahun berselang panjang landasan pacu nya kembali diperpanjang lagi menjadi 2500 meter. Dan yang terakhir pada tahun 2009 Bandara ini mengalami renovasi pada landasan pacu yang diperpanjang hingga 3000 meter serta pembangunan terminal yang baru menggantikan bangunan terminal yang lama.

  • Fasilitas yang tersedia di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda
    Gratis akses internet dan juga Wifi
    E-Kiosk
    Layanan Informasi dan Customer Service
    Counter Check Indonesia
    Musholla
    Ruang Menyusui Anak
    Minimarket
    Ruang Merokok
    Pelayanan Terpadu Angkutan Darat
    Area Bermain Anak

Demikian informasi seputar Airport Internasional Melbourne Australia. Kunjungi terus website kami di  www.daftarwifiairport.web.id Karena masih banyak lagi informasi menarik dan tentunya juga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

Airport Sultan Iskandar Muda Aceh Indonesia

Navigasi pos