Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia

Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia – Bandara internasional Sultan Thaha Syaifuddin merupakan sebuah bandara yang terdapat di kota Jambi, Provinsi Jambi, Indonesia. Airport ini terletak pada kawasan Paalmerah Jambi. Bandara ini mempunyai 73 penerbangan yang berangkat per minggu untuk tujuan jangka pendek dan 42 pesawat berukuran sedang yang berangkat setiap minggunya. Bandara ini bernama Sultan Thaha yang merupakan nama dari Sultan terakhir Jambi.

Sejarah Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia

Pada zaman kolonial, kota Jambi ternyata dibangun oleh bangsa Belanda dan Jepang yang diberi nama Paamerah Airport. Nama ini berasal dari pasak Paalmerah yang terbuat dari batu yang untuk menentukan lokasi batas bandara yang terpasang oleh belanda dan kemudian diberi nama red paint. Pada tahun 1950 setelah indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, bandara Jambi mulai melayani publik oleh Departemen Badan penerbangan Sipil, pada saat itu dimensi runway berskala sekitar 900m x 25m dengan konstruksi kerikil dan pesawat Terbesar yang dapat dioperasikan adalah Douglas DC-3.

Pada tahun 1970 Departemen badan Penerbangan Sipil merubah nomenklatur menjadi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Bandara Paalmerah menjadi Pelajsana Teknis Direktorat Jenderal Perhubungan Udara di Provinsi Jambi. Kemudian pada tahun 1976, Perpanjangan pembangunan landasan pacu menjadi 1650 x 30m. Dan Tanggal 10 Oktober 1978, Bandara Paalmerah berganti nama menjadi Bandara Sultan Thaha Jambi yang berasal dari nama salah satu pahlawan lokal Jambi.

Terminal Pada Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia

Tanggal 12 Desember 2011, Dibuat sebuah trobosan dengan perluasan terminal tahap -1 yang telah dilakukan untuk menampung kapasitas 1,5 juta penumpang per tahunnya. Total penumpang hari ini telah menyentuh angka 1 juta, Sedangkan kapasitas terminalnya hanya 300.000 penumpang per tahun saja. Terminal ini akan diperluas dari 2.308 meter persegi sehingga menjadi 13.015 meter persegi.

Transportasi Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia:

1. Mobil Pribadi

2. Bus

Terdapat beberapa bus yang berangkat ke beberapa tujuan dalam kota Jambi. saat ini tersedia sebanyak 4 jalur dengan harga tiket sekali jalan Rp. 25.000 – Rp. 40.000. Tiket bisa dibeli di konter, tepat di luar terminal kedatangan.
Pilihan lain yang lebih murah adalah dengan keluar dari bandara lalu naik ojek atau angkot yang menuju ke kota. Sebuah angkot ke kota biayanya sekitar Rp 3.000, sedangkan ojek sekitar Rp 10.000.

3. Taksi

Biaya taksi dari bandara ke pusat kota lebih murah karena jarak ke pusat kota begitu dekat. Total biaya sekitar Rp.50.000 sampai Rp. 100.000 dengan waktu sekitar setengah jam saja tergantung tujuan anda.

Demikianlah seputar informasi tentang Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia. Kunjungi terus website kami www.daftarwifiairport.web.id karna akan ada banyak informasi yang mungkin saja bermanfaat buat anda, Terima Kasih.

Airport Sultan Thaha Syaifuddin Jambi Indonesia

Navigasi pos