Airport Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan – Bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I ini pertama kali diresmikan pada Agustus 1997. Memiliki luas lahan hampir 300 hektar, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia yang berada diposisi ke 4. Bandara ini juga berada diwilayah padat penduduk sehingga pendaratan di bandar udara ini mampu membuat adrenalin pilot maupun penumpang akan sedikit terguncang.

Bukan hanya itu saja, Bandara ini juga menuai banyak protes warga karena tingkat kebisingan dari Bandara ini cukup membuat penduduk merasa terganggu dan juga tidak nyaman sehinga membuat wilayah Balikpapan Selatan ini semakin tidak layak untuk ditinggal baik itu dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

  • Sejarah singkat dari Bandara internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman
    Awal dibangunnya bandara ini sudah dimulai sejak era kolonial Belanda untuk dijadikan perusahaan minyak milik Belanda untuk daerah Kalimantan Timur ini. Pada tahun 1960, bandara ini resmi dijadikan untuk penerbangan sipil komersil yang pengelolanya dioperasikan oleh Departemen Perhubungan Indonesia dan akhirnya dialihakn kepada PT Angkasa Pura 1 sebagai operator resmi Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman pada tahun 1987.

    Selain itu, Bandara ini juga telah mengalami dua kali renovasi pada tahun 1991 dan 1997. Pada tahanp pertama, Bnadar ini telah merenovasi untuk jalur taksi, terminal penumpang dan kargo serta menambah panjang dari landasan pacu pesawat. Sedangkan untuk renovasi tahap kedua, bandara ini muali merenovasi tempat bahan bakar, gedung administrasi hingga hanggar pesawat.

  • Adapun dasilitas yang tersedia didalam Bandra di Balikpapan ini seperti :
    Gartis Akses Internet & Wifi
    Waiting Room kelas premium
    Foto Booth suku dayak
    Airport Cinema
    Free Charger Terminal
    Reading Corner
    Tempat bermain anak
    Toko jual oleh-oleh
    Lounge
    Smooking Room
    Cafe
    Food Court
    Toilet 3D
    Fasilitas khusus bagi penyandang distabilitas

Transportasi yang bisa digunakan untuk menuju bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman
Taksi
Transportasi yang satu ini tentu merupakan pilihan utama agar bisa menuju bandara ataupun untuk menuju kota Balikpapan. Taksi yang beroperasi dibandara ini adalah taksi resmi bandara yang bernama Kokapura. Sedangkan untuk taksi online tidak diizinkan untuk mengambil penumpang di bandara ini.
Angkot
Alternatif lain untuk menuju bandara, anad juga bisa menggunakanangkutan umum atau yang sering kita kenal dengan nama Angkot. Untuk menggunakan transportasi yang satu ini, anda diharuskan untuk berjalan keluar dari area bandara karena untuk Angkot tidak diizinkan untuk masuk diwilayah bandara Sultan AJi Muhammad Sulaiman.

Demikian informasi seputar Airport Internasional Melbourne Australia. Kunjungi terus website kami di  www.daftarwifiairport.web.id Karena masih banyak lagi informasi menarik dan tentunya juga bermanfaat bagi anda. Terima Kasih.

Airport Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan

Navigasi pos