Airport Raja Haji Fisabilillah Riau Indonesia

Airport Raja Haji Fisabilillah Riau Indonesia – Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah yang sebelumnya bernama Bandar Udara Kijang ini merupakan Bandar udara internasional yang terletak di Kota Tanjung Pinang, provinsi Kepulauan Riau. Bandara ini dikelola PT. Angkasa Pura II.

Statusnya dari dulu adalah internasional, namun dikarenakan Kepulauan Riau belum pisah dari Riau Daratan maka bandara ini jarang dipergunakan. Setelah tahun 2001 Kepulauan Riau resmi menjadi provinsi baru di Indonesia, maka terjadilah pembangunan yang pesat di kota Tanjung Pinang dan bandara ini diramaikan lagi oleh beberapa maskapai penerbangan yaitu Merpati pada tanggal 19 Desember 2007, Sriwijaya Air pada awal bulan Februari 2008 dan Riau Airlines pada pertengahan tahun 2005.

Pada bulan Mei 2007 pemerintah mengucurkan dana untuk pengembangan Bandara ini. Proyek mulai berjalan pada bulan Juni. Pengembangan bandara meliputi penambahan fasilitas seperti radar dan landasan pacu ditambah sekitar 400 meter dari awalnya yang hanya 1.856 meter menjadi 2.256 meter. Selain itu, gedung terminal bandara juga diperluas dari 2.118 meter persegi menjadi 8.348 meter persegi. Dengan perluasan itu diharapkan dalam satu tahun mampu melayani 600 ribu orang. Pada April 2008 bandara ini resmi berganti nama dari Bandar Udara Kijang menjadi Bandar Udara Internasional Raja Haji Fisabilillah.

Nama bandara diambil dari nama Raja Haji Fisabilillah, pahlawan nasional yang juga memperoleh Bintang Maha Putra Adi Pradana.
Perpanjangan landas pacu hingga 3.578 by 45 meter (11.739 × 148 ft), dan sejak September 2014 sudah dipergunakan.

Fasilitas di Airport Raja Haji Fisabilillah Riau Indonesia:

  • Baggage Claim
  • E-Kiosk layanan informasi mandiri yang berisi informasi mengenai bandara dan informasi umum yang terkait. E-Kiosk menggunakan layar sentuh untuk memudahkan penggunaan.
  • Information and Customer Service Counters
  • Jasa Pemungkus Bagasi
  • Musholla Terletak di Terminal keberangkatan dan Kedatangan lantai 2
  • Ruang Menyusui Anak
  • Wi-Fi Gratis Akses internet tanpa batas di area bandara dengan Wi-Fi: tnj-airport@wifi.id

Transportasi dari dan ke Airport Raja Haji Fisabilillah Riau Indonesia:

1. Kendaraan Pribadi

2. Taksi

Taksi Biaya taksi yang dibutuhkan sekitar Rp. 70,000 untuk menuju pusat kota Tanjung pinang. Sedangkan biaya yang diperlukan untuk menuju kota lain bisa mencapai 2 kali lipat. Di pulau Bintan tidak ada transportasi umum.

3. Kereta Bandara

KA Bandara akan melayani penumpang sejak pukul 04.00 pagi dari Stasiun Medan dan terakhir pukul 23.30 dari Stasiun Bandara Kuala Namu. Mulai 14 November, KA Bandara memberikan paket harga menarik, yaitu semakin banyak tiket yang dibeli harganyapun semakin murah.

Demikianlah seputar informasi tentang Airport Raja Haji Fisabilillah Riau Indonesia. Kunjungi terus website kami www.daftarwifiairport.web.id karna akan ada banyak informasi yang mungkin saja bermanfaat buat anda, Terima Kasih.

Airport Raja Haji Fisabilillah Riau Indonesia

Navigasi pos