Airport Ninoy Aquino Manila Filipina

Airport Ninoy Aquino Manila Filipina – Bandara di kota Manila, Filipina dikenal dengan nama Manila Ninoy Aquino International Airport, disingkat NAIA, dengan kode MNL. NAIA terletak 7 kilometer arah selatan Manila atau barat daya Makati, di Andrews Avenue, Pasay, Metro Manila. Bandara ini melayani penumpang dari dan ke Manila serta daerah sekitarnya.

Terbang dari dan ke Airport Ninoy Aquino Manila Filipina

Sebagai pintu gerbang utama memasuki Filipina, NAIA menjadi hub untuk penerbangan internasional dari maskapai-maskapai seperti Air Asia Philippines, Air Asia Zest, Cebu Pacific, PAL Express dan Philippine Airlines. Bandara ini terdiri atas empat terminal, yaitu Terminal 1, 2, 3 dan 4 di mana maskapai-maskapai penerbangan internasional utamanya menggunakan Terminal 1 (NAIA-1), Terminal 2 (NAIA-2) Wing Utara, dan Terminal 3 (NAIA-3). Sejumlah maskapai penerbangan asing yang beroperasi di NAIA-3, termasuk All Nippon Airways, Cathay Pacific, Delta Airlines, Emirates, KLM dan Singapore Airlines. NAIA-3 sendiri merupakan terminal terbaru dan terbesar. Terminal 4 (NAIA-4) melayani semua penerbangan dalam negeri kecuali sedikit maskapai yang melayani penerbangan internasional seperti Air Asia Zest. Saat ini Terminal 5 sedang dalam pembangunan dan nantinya diperuntukkan untuk penerbangan dari maskapai bertarif rendah. Untuk mencari penerbangan murah ke Manila, gunakan Skyscanner Indonesia.

Fasilitas Airport Ninoy Aquino Manila Filipina

Bank pada Airport ini menyediakan penukaran uang asing. ATM yang berada pada area kedatangan dan keberangkatan (kecuali di Terminal 4 yang ATM-nya hanya di area keberangkatan). Untuk komunikasi tersedia Free WiFi bagi para penumpang di seluruh bandara. Untuk memenuhi keperluan makan dan minum, Airport ini menyediakan beberapa restoran, coffee shop, snack bar dan bar di semua terminal. Lantai keberangkatan Terminal 1 memiliki sejumlah tempat bersantap, sementara diterminal 3 terdesia food court. Terminal 3 dilengkapi dengan empat lantai shopping mall.

Terdapat sejumlah hotel, termasuk juga hotel berbintang, tersedia di sekitaran NAIA. Kendaraan khusus tamu masing-masing hotel juga tersedia dari dan menuju terminal pada bandara. Penumpang transit dapat memanfaatkan Day Room di bandara yang menyediakan shower dan tempat tidur. Bagasi tidak dapat dititipkan, karena tidak tersedia tempat untuk itu. Namun kereta dorong untuk bagasi penumpang tersedia secara cuma-cuma.

Bandara NAIA juga memiliki fasilitas berupa ruangan untuk konferensi, temu usaha, fasiltas bagi penderita disabilitas, fasilitas untuk keperluan bayi, tempat bermain anak, salon kecantikan, sauna dan massage, serta area parkir kendaraan. Pelayanan kesehatan buka 24 jam. Untuk keperluan ibadah tersedia ruangan doa/sembahyang.

Untuk transportasi antar terminal, seperti bagi para penumpang yang akan transit, disediakan shuttle bus setiap 15 menit pada siang hari. Penumpang shuttle bus harus terlebih dahulu menyelesaikan urusan keimigrasian dan kepabeanan.

Transportasi dari dan ke Airport Ninoy Aquino Manila Filipina 

1. Berkendara dengan Kendaraan Pribadi atau Sewa Mobil

Mobil sewaan dapat diperoleh di bandara. Sejumlah perusahaan terkemuka termasuk Avis, Budget, Eurocar dan Hertz memiliki counter sewa mobil di bagian kedatangan. Atau Anda bisa melakukan pencarian dan pemesanan sewa mobil melalui Skyscanner Indonesia selama liburan di Manila.

Perjalanan dari dan ke Bandara Ninoy Aquino Manila ini akan melewati NAIA Expressway (NAIA Skyway) yang menghubungkan NAIA/Nicholas Exit dari Metro Manila Skyway dengan Andrews Avenue di depan Terminal 3.

2. Kereta Api

Kereta api melayani Bandara NAIA secara tidak langsung. Anda harus menggunakan taksi bandara untuk menuju ke Stasiun Baclaran dari Manila LRT Line (LRT – 1 Yellow Line) atau ke Stasiun Nicholas dari Philippine National Railways. Di samping itu, Anda bisa menggunakan jasa dari Manila MRT (MRT 3 Blue Line), namun dengan terlebih dahulu naik shuttle bus yang tersedia di Terminal 3 dan akan membawa Anda ke Stasiun MRT Taft Avenue.

3. Bus

Ada 9 rute bus ke dan dari berbagai lokasi di Metro Manila, yang dilayani beberapa perusahaan, khususnya untuk Terminal 1, 2 dan 3. Waktu tempuh 45 menit, namun tergantung dari kondisi kepadatan lalu lintas.

Di samping itu terdapat Jeepney, sebuah alat transportasi yang khas di Filipina. Jeep berbadan panjang yang terbuka samping kiri-kanannya, melayani penumpang dari semua terminal ke jurusan Paranaque dan Pasay.

4. Taksi

Untuk menggunakan jasa taksi, penumpang dianjurkan mengambil taksi yang terdaftar pada Kementerian/Dinas Perhubungan. Tarif taksi dari bandara Manila Ninoy Aquino berkisar 150 – 200 Pesos (Rp 42.500 – Rp 56.700). Taksi dapat dipesan melalui counter khusus di dalam bandara. Waktu tempuh sekitar 20 menit sampai 2 jam pada saat puncak kepadatan lalu lintas.

Inilah informasi seputar fasilitas dan hal yang ada di Airport Ninoy Aquino Manila Filipina yang kami sajikan, semoga artikel diatas ini bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan anda. Maaf jika ada kesalahan pada penulisan artikel ini dan terimakasih atas kunjungan anda di web daftarwifiairport.

Airport Ninoy Aquino Manila Filipina

Navigasi pos